The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.

Rabu, 13 Juni 2012

Social Networking Sebagai Sarana Pembelajaran di Sekolah

Pasti tidak asing dan aneh lagi dengan Facebook, Twitter, dan kawan-kawannya. Semua itu sering dikenal sebagai jaringan komunikasi sosial atau social networking. Social networking, bisa memberikan dampak yang plus maupun yang minusnya. Oleh karena itu ambillah yang plusnya saja, buang yang minusnya.

Plusnya itu apa? Banyak sekali! Apalagi plusnya untuk pelajar, oke saya sebutkan.

1. Sarana berbagi ilmu seperti forum, contohnya saja di Facebook. Kita dapat membuat grup, tentunya grup untuk belajar, di situ kita bisa membahas atau berdiskusi tentang apa yang kita pelajari di sekolah.

2. Unduh materi pelajaran, tentunya dengan social networking kita dapat tahu link untuk mengunduh materi pelajaran. Misal, di grup atau di Twitter ada yang membagi link materi tentang trigonometri. Tentu ini sangat memudahkan kita untuk belajar!

3. Ubah statusmu menjadi rumus-rumus singkat, teori-teori singkat, ini berguna untuk kita sendiri dan teman-teman kita. Tapi ingat jangan digunakan saat ulangan.

4. Jadikan notes di Facebook, untuk mencatat materi pelajaran secara online, jangan dijadikan catatan yang tidak-tidak, Jadikan notesmu berguna.

5. Sarana kirim file materi, di Facebook ada fitur pesan, kita bisa mengirim file ke beberapa orang tertentu saja. Ini digunakan mungkin hanya ingin memberikan pada orang yang berhak saja.

6. Fitur chatting yang diberikan sebaiknya digunakan untuk membahas tentang pelajaran juga. Ya ada saatnya juga kita membicarakan sesuatu, ada saatnya kita juga membahas tentang pembelajaran kita. Ini sangat memudahkan kita, tidak usah lama menunggu balasan sms atau email, kita bisa langsung dengan cepat berinteraksi dengan teman-teman kita.

7. Bahkan guru pun bisa memberikan kita PR via Facebook atau Twitter, dengan upload foto PR-nya atau membuat Notes/Document.

Sebetulnya masih banyak lagi manfaat plusnya dari social networking untuk pembelajaran di sekolah, hanya saja yang dapat saya tulis hanya itu saja.

Sumber : http://malwareborneo.wordpress.com/

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP